Sabtu, 05 April 2014




PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU






PAKET SIMULASI UNTUK PENGENALAN PROSES PELAKSANAAN
PK GURU DI SEKOLAH









KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL PENINGKATAN MUTU
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2010
www.bermutuprofesi.org

PENDAHULUAN
Petunjuk Umum
1.       Bagikan bagian pendahuluan pada dokumen ini (tidak termasuk lembar jawaban) kepada seluruh peserta,
2.       Jelaskan dan tunjukkan bahwa dokumen yang akan diterima oleh tim penilai dari sekolah sebagai bukti penilaian kinerja guru (PK Guru) antara lain:
Bagi guru kelas/mata pelajaran:
    1. Laporan dan Evaluasi PK Guru kelas/mata pelajaran, lampiran 1B.
    2. Rekap hasil PK Guru kelas/mata pelajaran, lampiran 1C.
    3. Format perhitungan angka kredit PK Guru kelas/mata pelajaran, lampiran 1D.
Bagi guru BK/konselor:
a.       Laporan dan Evaluasi PK Guru guru BK/konselor, lampiran 2B.
b.      Rekap hasil PK Guru guru BK/konselor, lampiran 2C.
c.       Format perhitungan angka kredit PK Guru guru BK/konselor, lampiran 2D.
3.       Perintahkan agar semua peserta membaca semua dokumen secara detil setiap bagian termasuk sub bagiannya,
4.       Setelah selesai membaca semua bagian dan sub bagian, berikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya,
5.       Jika semua kegiatan di atas telah selesai, lanjutkan dengan mengerjakan kegiatan latihan berikutnya.

Garis besar pelaksanaan PK Guru
1.       Prosedur standar:  Anda harus memahami dan mengikuti prosedur standar untuk melaksanakan semua kegiatan PK Guru, yakni  mengamati, mendeskripsikan, membandingkan, memutuskan, dan menyetujui.
2.       Persiapan:  Anda harus mengetahu sejak awal tentang hal-hal penting yang harus anda amati atau anda pantau. Buatlah daftar tentang jenis-jenis dokumen dan bukti fisik lain yang perlu anda lihat.
3.       Antisipasi:  Sejak awal, anda sudah harus memikirkan tentang hal-hal yang akan anda lihat selama melakukan pengamatan dan pemantauan (berdasarkan rencana pembelajaran atau program BK yang ada).

Latihan pengamatan/Simulasi
1.       Failitator/Nara sumber memutar video rekaman proses pembelajaran seorang guru. (Film geografi, segmen 1)
2.       Penilai harus mengamati seluruh proses pembelajaran dan mencatat/mendeskripsikan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik yang dapat dijadikan sebagai bukti pernyataan untuk melakukan skoring terhadap indikator kompetensi,
3.       Setelah selesai melakukan pengamatan, lakukan pembandingan bukti pernyataan yang diperoleh dengan indikator pada kompetensi yang dinilai, dan berilah skor 0 (jika tidak ada bukti/tidak terpenuhi); 1 (jika terpenuhi sebagian); 2 (jika terpenuhi seluruhnya) pada lembar penilaian yang telah ditentukan,
4.       Jumlahkan skor yang diperoleh untuk kompetensi yang dinilai dan konversikan kedalam nilai kompetensi,
5.       Berilah kesempatan untuk diskusi membahas hasil kerja kelompok pada setiap kegiatan.

Nama Guru         : ………………………………………………………………………………………………………………(9)
Nama Penilai      : ……………………………………………………………………………………………………………(10)
Sebelum Pengamatan
Tanggal
(11)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
(12)
Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru


(13)
Tindak lanjut yang diperlukan:

(14)

Selama Pengamatan
Tanggal
(15)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
(16)
Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 

(17)
Tindak lanjut yang diperlukan:

(18)

Setelah Pengamatan
Tanggal
(19)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
(20)
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru


(21)
Tindak lanjut yang diperlukan:
(22)

Pemantauan
Tanggal
(23)
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
(24)
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)




(25)

*) lengkap untuk 14 Kompetensi guru kelas/pelajaran atau 17 Kompetensi guru BK/Konselor



Indikator
Skor
Tidak ada bukti (Tidak  terpenuhi)
Terpenuhi sebagian
Seluruhnya terpenuhi
1.    Guru dapat mengidentifikasi karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
0
1

2
2.       Guru memastikan bahwa semua peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran.
0
1
2
3.       Guru dapat mengatur kelas untuk memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
0
1
(26)
 
2
4.       Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya.
0
1
2
5.       Guru membantu mengembangkan potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik.
0
1
2
6.       Guru memperhatikan peserta didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan, diolok-olok, minder, dsb.).
0
1
2
Total skor untuk kompetensi 1
                                                     (27)
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
                                 12                (28)         
Persentase = (total skor/12) × 100%
(29)
Nilai untuk kompetensi 1
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)

(30)

Tidak ada komentar: