PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI
GURU
![](file:///C:\Users\Acer\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\02\clip_image002.jpg)
PAKET SIMULASI UNTUK
PENGENALAN PROSES PELAKSANAAN
PK GURU DI SEKOLAH
KEMENTERIAN
PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT
JENDERAL PENINGKATAN MUTU
PENDIDIK
DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
2010
www.bermutuprofesi.org
PENDAHULUAN
Petunjuk Umum
1.
Bagikan
bagian pendahuluan pada dokumen ini (tidak termasuk lembar jawaban) kepada
seluruh peserta,
2.
Jelaskan
dan tunjukkan bahwa dokumen yang akan diterima oleh tim penilai dari sekolah
sebagai bukti penilaian kinerja guru (PK Guru) antara lain:
Bagi guru kelas/mata pelajaran:
- Laporan dan Evaluasi PK Guru kelas/mata pelajaran, lampiran 1B.
- Rekap hasil PK Guru kelas/mata pelajaran, lampiran 1C.
- Format perhitungan angka kredit PK Guru kelas/mata pelajaran, lampiran 1D.
Bagi guru BK/konselor:
a.
Laporan
dan Evaluasi PK Guru guru BK/konselor, lampiran 2B.
b.
Rekap
hasil PK Guru guru BK/konselor, lampiran 2C.
c.
Format
perhitungan angka kredit PK Guru guru BK/konselor, lampiran 2D.
3.
Perintahkan
agar semua peserta membaca semua dokumen secara detil setiap bagian termasuk
sub bagiannya,
4.
Setelah
selesai membaca semua bagian dan sub bagian, berikan kesempatan kepada peserta
untuk bertanya,
5.
Jika
semua kegiatan di atas telah selesai, lanjutkan dengan mengerjakan kegiatan
latihan berikutnya.
Garis besar pelaksanaan PK Guru
1.
Prosedur
standar: Anda harus memahami dan
mengikuti prosedur standar untuk melaksanakan semua kegiatan PK Guru, yakni mengamati, mendeskripsikan, membandingkan,
memutuskan, dan menyetujui.
2.
Persiapan: Anda harus mengetahu sejak awal tentang
hal-hal penting yang harus anda amati atau anda pantau. Buatlah daftar tentang
jenis-jenis dokumen dan bukti fisik lain yang perlu anda lihat.
3. Antisipasi: Sejak awal, anda sudah harus memikirkan tentang
hal-hal yang akan anda lihat selama melakukan pengamatan dan pemantauan
(berdasarkan rencana pembelajaran atau program BK yang ada).
Latihan pengamatan/Simulasi
1.
Failitator/Nara
sumber memutar video rekaman proses pembelajaran seorang guru. (Film geografi,
segmen 1)
2.
Penilai harus mengamati seluruh proses pembelajaran dan
mencatat/mendeskripsikan
kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik yang dapat dijadikan
sebagai bukti pernyataan untuk melakukan skoring terhadap indikator kompetensi,
3.
Setelah
selesai melakukan pengamatan, lakukan pembandingan bukti pernyataan yang
diperoleh dengan indikator pada kompetensi yang dinilai, dan berilah skor 0
(jika tidak ada bukti/tidak terpenuhi); 1 (jika terpenuhi sebagian); 2 (jika
terpenuhi seluruhnya) pada lembar penilaian yang telah ditentukan,
4.
Jumlahkan
skor yang diperoleh untuk kompetensi yang dinilai dan konversikan kedalam nilai
kompetensi,
5.
Berilah
kesempatan untuk diskusi membahas hasil kerja kelompok pada setiap kegiatan.
Nama Guru : ………………………………………………………………………………………………………………(9)
Nama Penilai :
……………………………………………………………………………………………………………(10)
Sebelum Pengamatan
Tanggal
|
(11)
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
(12)
|
Tanggapan Penilai terhadap dokumen
dan/atau keterangan guru
(13)
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
(14)
|
Selama Pengamatan
Tanggal
|
(15)
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
(16)
|
Kegiatan/aktivitas guru
dan peserta didik selama pengamatan:
(17)
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
(18)
|
Setelah Pengamatan
Tanggal
|
(19)
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
(20)
|
Setelah Pengamatan: Tanggapan Penilai
terhadap dokumen dan/atau keterangan guru
(21)
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
(22)
|
Pemantauan
Tanggal
|
(23)
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
(24)
|
Catatan dan Tanggapan Penilai terhadap
dokumen dan/atau keterangan guru
(catat kegiatan yang dilakukan)
(25)
|
*) lengkap untuk 14 Kompetensi guru kelas/pelajaran
atau 17 Kompetensi guru BK/Konselor
Indikator
|
![]() |
||||
Tidak ada bukti
(Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi sebagian
|
Seluruhnya terpenuhi
|
|||
1. Guru dapat mengidentifikasi
karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya.
|
0
|
1
|
2
|
||
2. Guru memastikan bahwa semua peserta
didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif dalam
kegiatan pembelajaran.
|
0
|
1
|
2
|
||
3. Guru dapat mengatur kelas untuk
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda.
|
0
|
1
|
|
||
4. Guru mencoba mengetahui penyebab penyimpangan
perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku tersebut tidak merugikan
peserta didik lainnya.
|
0
|
1
|
2
|
||
5. Guru membantu mengembangkan potensi dan
mengatasi kekurangan peserta didik.
|
0
|
1
|
2
|
||
6. Guru memperhatikan peserta didik dengan
kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas pembelajaran,
sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan (tersisihkan,
diolok-olok, minder, dsb.).
|
0
|
1
|
2
|
||
Total skor untuk kompetensi 1
|
(27)
|
||||
Skor maksimum kompetensi 1 = jumlah
indikator × 2
|
12 (28)
|
||||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
(29)
|
||||
Nilai untuk kompetensi 1
(0% < X ≤ 25% = 1; 25%
< X ≤ 50% = 2;
50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100%
= 4)
|
(30)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar