Rabu, 30 Maret 2022

3.3.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 

3.3.a.7. DEMONSTRASI KONTEKSTUAL - PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

Oleh:

RISDANI, S.Pd.SD., M.M.

Calon Guru Penggerak

Angkatan 3

Kabupaten Kepulauan Selayar

 

DASAR FILOSOFI KHD

Pendidikan dan pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam arti yang seluas-luasnya

POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

1)      Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.

Murid mampu menghargai segala bentuk ciptaan-Nya, baik itu alam tempat ia tinggal, manusia lain, dan dirinya sendiri.

2)      Gotong royong

Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang yang ada dalam masyarakatnya.

3)      Mandiri

Murid mampu mengelola dirinya sendiri (pikiran, perasaan, tindakan) untuk mencapai tujuan pribadinya ataupun tujuan bersama.

4)      Kreatif

Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat.

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

1.      Menciptakan berbagai kesempatan agar murid terbiasa menggunakan pola pikir positif dan  merasakan emosi yang positif.

2.      Mengembangkan keterampilan murid untuk berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.

3.      Menyediakan lingkungan belajar agar murid dapat mendalami keterampilan yang dibutuhkan dalam  proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademik mereka.

4.      Meningkatkan keterlibatan sehingga murid dapat secara aktif menentukan proses belajar di  kelas/sekolah/masyarakat nya.

PRAKARSA PERUBAHAN

Program Pembelajaran Study Tour dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah untuk melihat dan mengamati secara langsung peninggalan sejarah yang ada di daerah.

TAHAPAN

PERTANYAAN

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/

KEPEMILIKAN MURID

ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI

WAKTU YANG DIPERLUKAN

PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI

B-uat pertanyaan utama (Define)

 

Ø  Membuat pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/ peluang;

Ø  Menggalang atau membangun koalisi tim perubahan

Bagaimana cara agar murid dapat memperoleh pengalaman belajar dengan lingkungan sekitarnya?

Ø  Diskusi bersama kepala sekolah/rekan kerja bagaimana program study tour dapat dijalankan.

Ø  Diskusi dengan rekan kerja untuk mengidentifikasi komponen dan tujuan kegiatan study tour.

Ø  Diskusi dengan orang tua murid untuk mengetahui sejauhmana dukungan mereka terhadap kegiatan tersebut.

Melakukan tanya jawab dengan murid yang akan melakukan study tour untuk mengetahui minat mereka terhadap rencana kegiatan.

 

* Murid-murid

* Rekan guru

* Kepala sekolah

* Orang Tua Murid

2 hari

CGP sendiri

A-mbil pelajaran (Discover)

 

Ø  Menyusun pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat investigasi;

Ø  Menentukan bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok kecil/besar, survei individu, multi unsur

Ø Aktivitas apa saja yang menarik minat belajar murid selama ini?

Ø Apa yang murid sukai ketika belajar di dalam kelas dengan temannya?

Ø Seperti apa dukungan sekolah terhadap peningkatan minat dan aktivitas belajar murid?

Ø Instrumen ketertarikan murid terhadap rencana kegiatan study tour.

Ø Umpan balik dari kepala sekolah, guru, dan orang tua murid.

Ø Curah pendapat bersama murid untuk mengetahui program pembelajaran yang menarik selama ini

Ø Curah pendapat bersama murid untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang mereka senangi terkait materi pelajaran.

Ø Orangtua murid

Ø Murid-murid

Ø Waktu

Ø Kebijakan sekolah

Ø Finansial

Ø Kepala Sekolah

Ø Guru

3 hari

CGP sendiri

G-ali mimpi (Dream)

 

Ø  Menyusun deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud;

Ø  Mengalokasikan kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja).

Ø Seperti apa bentuk kegiatan study tour yang menyenangkan sekaligus menguatkan kolaborasi antar murid?

Ø Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?

Ø Memberikan kesempatan kepada seluruh murid untuk mengamati secara langsung objek peninggalan sejarah di daerah.

Ø Memberikan kesempatan kepada murid untuk berkreasi dengan menggambar objek yang mereka amati.

Ø Memberikan kesempatan kepada murid untuk membuat laporan dan deskripsi singkat hasil kegiatan.

Ø Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari murid tentang program yang dapat meningkatkan pengetahuan, kreatifitas dan minat belajar.

Ø Memperoleh pemahaman terhadap agama dan lebih mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa.

Ø Orangtua murid

Ø Murid-murid

Ø Waktu

Ø Kebijakan sekolah

Ø Kepala Sekolah

Ø Guru

Ø Masyarakat

1 hari

CGP sendiri

J-abarkan rencana (Design)

 

Ø  Mengidentifikasi tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan memudahkan keseluruhan pencapaian;

Ø  Menyusun definisi kesuksesan pencapaian (tujuan, capaian, luaran)

Ø Kebijakan sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang belum ada) dapat menguatkan program ini?

Ø Bagaimana program ini dapat masuk dalam Rencana Kegiatan Sekolah?

Ø Bagaimana kita mengetahui pemahaman, kreatifitas, serta minat belajar murid meningkat?

Ø Bagaimana kita mengetahui interaksi antar murid dengan lingkungannya?

Ø Rapat koordinasi dengan murid, kepala sekolah, guru-guru, orangtua murid untuk membahas apa dampak, bagaimana strategi, siapa yang dilibatkan, mengapa kegiatan ini penting dan kapan kegiatan tersebut dilaksanakan.

Ø Komitmen dari murid penting dalam pelaksanaan program ini dalam keseharian. Mereka dapat menentukan bagaimana cara terbaik yang menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka.

Ø Orangtua murid

Ø Murid-murid

Ø Waktu

Ø Kebijakan sekolah

Ø Kepala Sekolah

Ø Guru

Ø Masyarakat

1 Pekan

CGP

Wali kelas

Murid

A-tur eksekusi (Deliver)

 

Ø  Menentukan siapa yang berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan;

Ø  Mendesain jalur komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol, rutinitas, knowledge management, monev/refleksi)

 

Siapa (murid dan guru) yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan berkelanjutan?

 

Membentuk tim (kelompok) belajar yang akan mengelola dukungan untuk  meningkatkan pengetahuan, pengamalan, keterampilan, serta minat belajar murid.

Menyediakan tempat dan waktu bagi murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pengambilan keputusan

Ø Orangtua murid

Ø Murid-murid

Ø Waktu

Ø Kebijakan sekolah

Ø Kepala Sekolah

Ø Guru

1-2 pekan

CGP

Wali kelas

Murid

Tidak ada komentar: