3.3.a.7. DEMONSTRASI
KONTEKSTUAL - PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID Oleh: RISDANI, S.Pd.SD., M.M. Calon Guru Penggerak Angkatan 3 Kabupaten Kepulauan Selayar |
||||||
DASAR FILOSOFI
KHD |
Pendidikan dan
pengajaran merupakan usaha persiapan dan persediaan untuk segala kepentingan
hidup manusia, baik dalam hidup bermasyarakat maupun hidup berbudaya dalam
arti yang seluas-luasnya |
|||||
POIN/KOMPONEN
PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN |
1) Beriman,
bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Murid mampu menghargai
segala bentuk ciptaan-Nya, baik itu alam tempat ia tinggal, manusia lain, dan
dirinya sendiri. 2)
Gotong
royong Murid mampu berkolaborasi dengan orang lain dan secara
proaktif mengupayakan pencapaian kesejahteraan dan kebahagiaan orang-orang
yang ada dalam masyarakatnya. 3)
Mandiri Murid mampu mengelola dirinya sendiri (pikiran,
perasaan, tindakan) untuk mencapai tujuan pribadinya ataupun tujuan bersama. 4)
Kreatif Murid mampu memodifikasi, menghasilkan sesuatu yang
orisinal, bermakna, bermanfaat. |
|||||
KARAKTERISTIK
LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN |
1.
Menciptakan berbagai kesempatan agar murid terbiasa menggunakan
pola pikir positif dan merasakan emosi
yang positif. 2.
Mengembangkan keterampilan murid untuk berinteraksi
sosial secara positif, arif dan bijaksana. 3.
Menyediakan lingkungan belajar agar murid dapat
mendalami keterampilan yang dibutuhkan dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non-akademik
mereka. 4.
Meningkatkan keterlibatan sehingga murid dapat secara aktif
menentukan proses belajar di kelas/sekolah/masyarakat
nya. |
|||||
PRAKARSA
PERUBAHAN |
Program Pembelajaran Study Tour dengan mengunjungi
tempat-tempat bersejarah untuk melihat dan mengamati secara langsung
peninggalan sejarah yang ada di daerah. |
|||||
TAHAPAN |
PERTANYAAN |
TINDAKAN
YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN |
RENCANA
UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/ KEPEMILIKAN
MURID |
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA
YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI |
WAKTU YANG
DIPERLUKAN |
PENANGGUNG
JAWAB TAHAP INI |
B-uat
pertanyaan utama (Define) Ø
Membuat
pertanyaan utama yang akan menentukan arah investigasi kekuatan/potensi/
peluang; Ø
Menggalang
atau membangun koalisi tim perubahan |
Bagaimana cara agar murid dapat memperoleh pengalaman belajar
dengan lingkungan sekitarnya? |
Ø Diskusi bersama kepala sekolah/rekan kerja bagaimana
program study tour dapat dijalankan. Ø Diskusi
dengan rekan kerja untuk mengidentifikasi komponen dan tujuan kegiatan study tour. Ø Diskusi dengan orang tua murid
untuk mengetahui sejauhmana dukungan mereka terhadap kegiatan tersebut. |
Melakukan tanya jawab dengan murid
yang akan melakukan study tour untuk mengetahui minat mereka terhadap rencana
kegiatan. |
*
Murid-murid *
Rekan guru *
Kepala sekolah *
Orang Tua Murid |
2 hari |
CGP sendiri |
A-mbil
pelajaran (Discover) Ø
Menyusun
pertanyaan lanjutan untuk menemukenali kekuatan/potensi/peluang lewat
investigasi; Ø
Menentukan
bagaimana cara kita menggali fakta, memperoleh data, diskusi kelompok
kecil/besar, survei individu, multi unsur |
Ø
Aktivitas apa saja yang menarik minat belajar murid selama
ini? Ø
Apa yang murid sukai ketika belajar di dalam kelas
dengan temannya? Ø
Seperti apa dukungan sekolah terhadap peningkatan minat
dan aktivitas belajar murid? |
Ø
Instrumen ketertarikan murid terhadap rencana kegiatan
study tour. Ø
Umpan balik dari kepala sekolah, guru, dan orang tua
murid. |
Ø
Curah pendapat bersama murid untuk mengetahui program pembelajaran
yang menarik selama ini Ø
Curah pendapat bersama murid untuk mengetahui kegiatan-kegiatan
yang mereka senangi terkait materi pelajaran. |
Ø Orangtua murid Ø Murid-murid Ø Waktu Ø Kebijakan sekolah Ø Finansial Ø Kepala Sekolah Ø Guru |
3 hari |
CGP sendiri |
G-ali mimpi
(Dream) Ø
Menyusun
deskripsi kolektif bilamana inisiatif terwujud; Ø
Mengalokasikan
kesempatan untuk berproses bersama, multi unsur (kapan, di mana, siapa saja). |
Ø
Seperti apa bentuk kegiatan study tour yang
menyenangkan sekaligus menguatkan kolaborasi antar murid? Ø
Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud
dan berjalan baik? |
Ø
Memberikan kesempatan kepada seluruh murid untuk
mengamati secara langsung objek peninggalan sejarah di daerah. Ø
Memberikan kesempatan kepada murid untuk berkreasi
dengan menggambar objek yang mereka amati. Ø
Memberikan kesempatan kepada murid untuk membuat
laporan dan deskripsi singkat hasil kegiatan. |
Ø
Mendapatkan aspirasi (harapan/mimpi) umum dari murid
tentang program yang dapat meningkatkan pengetahuan, kreatifitas dan minat belajar. Ø
Memperoleh pemahaman terhadap agama dan lebih mengenal
dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa. |
Ø Orangtua murid Ø Murid-murid Ø Waktu Ø Kebijakan sekolah Ø Kepala Sekolah Ø Guru Ø Masyarakat |
1 hari |
CGP sendiri |
J-abarkan
rencana (Design) Ø
Mengidentifikasi
tindakan konkret yang diperlukan untuk menjalankan langkah-langkah kecil
sederhana yang dapat dilakukan segera,dan langkah berani/terobosan yang akan
memudahkan keseluruhan pencapaian; Ø
Menyusun
definisi kesuksesan pencapaian (tujuan, capaian, luaran) |
Ø
Kebijakan sekolah seperti apa yang sudah ada (maupun yang
belum ada) dapat menguatkan program ini? Ø
Bagaimana program ini dapat masuk dalam Rencana
Kegiatan Sekolah? Ø
Bagaimana kita mengetahui pemahaman, kreatifitas, serta
minat belajar murid meningkat? Ø
Bagaimana kita mengetahui interaksi antar murid dengan
lingkungannya? |
Ø
Rapat koordinasi dengan murid, kepala sekolah, guru-guru,
orangtua murid untuk membahas apa dampak, bagaimana strategi, siapa yang
dilibatkan, mengapa kegiatan ini penting dan kapan kegiatan tersebut
dilaksanakan. |
Ø
Komitmen dari murid penting dalam pelaksanaan program
ini dalam keseharian. Mereka dapat menentukan bagaimana cara terbaik yang
menarik dan menyenangkan bagi mereka. Mereka juga dapat difasilitasi untuk
mengorganisasi proses penentuannya di antara mereka. |
Ø Orangtua murid Ø Murid-murid Ø Waktu Ø Kebijakan sekolah Ø Kepala Sekolah Ø Guru Ø Masyarakat |
1 Pekan |
CGP Wali kelas Murid |
A-tur
eksekusi (Deliver) Ø Menentukan siapa yang
berperan/ dilibatkan dalam pengambilan keputusan; Ø Mendesain jalur
komunikasi dan pengelolaan rutinitas (misal: protokol, rutinitas, knowledge
management, monev/refleksi) |
Siapa (murid dan guru) yang
bertanggung jawab memonitor agar kegiatan dapat berjalan dengan menyenangkan dan
berkelanjutan? |
Membentuk tim (kelompok) belajar yang
akan mengelola dukungan untuk meningkatkan
pengetahuan, pengamalan, keterampilan, serta minat belajar murid. |
Menyediakan tempat dan waktu bagi
murid untuk berkontribusi aktif dalam proses pengambilan keputusan |
Ø Orangtua murid Ø Murid-murid Ø Waktu Ø Kebijakan sekolah Ø Kepala Sekolah Ø Guru |
1-2 pekan |
CGP Wali kelas Murid |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar