Rabu, 08 September 2021

1.2.A.6. REFLEKSI TERBIMBING - NILAI-NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

 1.    Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)


Salah satu nilai yang ada pada diri saya yaitu sikap kemandirian. Sejak kecil orang tua sudah mengajarkan bagaimana menjadi orang yang mandiri. Melaksanakan pekerjaan di rumah seperti mencuci pakaian, menyapu, menyiapkan perlengkapan sekolah, dan belajar sendiri. Orang tua berpesan bahwa jika ingin menjadi orang sukses maka tanamkan dalam diri kamu untuk selalu menyelesaikan atau mengerjakan pekerjaan atau tugas tanpa menunggu perintah dari orang lain sepanjang itu berguna dan bermanfaat untuk diri kamu dan orang lain. Pesan ini menjadi motivasi bagi saya untuk selalu berperilaku mandiri jika berada di rumah sebagai anggota keluarga, di sekolah sebagai pelajar, dan di lingkungan sebagai anggota masyarakat. Sikap mandiri ini semakin tumbuh pada diri saya sejak ibu meninggal dunia ketika saya masih duduk dibangku kelas 5 SD sedangkan Bapak masih terbaring sakit dan tidak bisa bekerja lagi. Berselang dua tahun berikutnya, Bapak juga meninggal dunia yang pada saat itu saya masih duduk dibangku kelas 1 SMP. Hidup tanpa orang tua bukan halangan bagi saya untuk terus tumbuh menjadi anak yang mandiri. Ketiadaan kedua orang tua tidak lantas menjadikan saya menjadi anak yang lemah serta mudah putus asa. Sebaliknya, ini justru menjadi tumpuan semangat bagi saya agar senantiasa memberikan yang terbaik untuk orang-orang di sekitar.

Sepeninggal orang tua, saya memberanikan diri untuk mencoba hal-hal baru dan menggali potensi dalam diri saya. Mengapa? Karena menurut saya hal ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap diri saya dan belajar menghargai, memahami, serta menerima diri sendiri kedepannya sehingga dapat menimbulkan rasa bahagia dan bangga pada diri sendiri meskipun hidup tanpa kasih sayang  dan bimbingan dari orang tua.

2.    Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak, saya merasakan adanya kesempatan untuk menggali lebih dalam lagi nilai-nilai sebagai seorang guru penggerak yakni mandiri, kolaboratif, reflektif, inovatif, dan perpusat pada murid. Dengan berbekalkan kemandirian dan inovatif dalam mencoba hal-hal baru, saya semakin yakin dan percaya bahwa dengan sikap yang mandiri dari seorang guru akan menciptakan kesadaran untuk tidak mudah menyerah menghadapi tantangan serta tidak mudah menyalahkan orang lain dan keadaan. Saya merasa bahwa nilai mandiri juga perlu didukung dengan nilai reflektif dari seorang guru penggerak karena kita harus berani meminta umpan balik secara aktif dan menilai diri sendiri dengan objektif. Mencoba hal-hal baru dan berkolaboratif dengan teman sejawat, kepala sekolah dan orang tua murid menjadi perilaku yang memotivasi saya untuk melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid, aktif, efektif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan.

3.    Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang? 

Guru yang bernilai adalah mereka yang telah menjadi teladan bagi sesama terutama para peserta didik. Peserta didik akan merasakan pendidikan yang sejati ketika mereka telah menganggap bahwa guru mereka telah menjadi bagian dari hidup dan keberhasilan mereka. Karena itu mereka akan menganggap bahwa guru sebagai seseorang yang bernilai bagi hidup mereka. Saat ini, nilai-nilai Guru Penggerak yang saya miliki yaitu menjadi pribadi yang mandiri dalam menginisiasi dan berkreatif menciptakan suasana atau iklim proses pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar dengan baik dan semangat, berkolaboratif dengan guru lain, kepala sekolah, dan orang tua siswa, reflektif terhadap kegiatan pembelajaran yang telah saya lakukan dan selalu melihat dari sisi positif setiap saran dan kritik, dan inovatif dalam melaksanakan pembelajaran, namun masih perlu pengembangan dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid.  

4.    Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, yang saya perlu kuatkan adalah nilai kolaboratif dan pembelajaran yang berpihak pada murid. Dalam masa pandemi covid-19 ini perlu adanya kolaborasi antara guru dan orang tua siswa dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di rumah melalui moda daring guna mewujudkan program pembelajaran jarak jauh. Dengan kesadaran pentingnya kolaborasi guru, orang tua dan siswa maka akan menciptakan kerja sama yang baik untuk mencapai kesuksesan dalam pendidikan. Kerja sama, saling melengkapi dan memberikan kontribusi sesuai dengan kapasitas, batasan dan ranah masing-masing maka diharapkan tercipta kenyamanan dan semangat siswa dalam belajar walaupun hanya di rumah dan jarak jauh, sehingga hal ini menjadi modal utama untuk mewujudkan kesuksesan bersama. Selama ini di dalam pembelajaran masih jarang ditanyakan bagaimana pandangan anak terkait suatu hal.  Pembelajaran yang dilakukan selama ini cenderung sikap guru memaksa murid tanpa bertanya sesuai dengan kesiapan dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Namun, seyogyanya seorang guru memberi kebebasan  kepada murid untuk membangun sendiri pengetahuannya dan mengkonstruksi sendiri pemahamannya dalam materi.

5.    Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak adalah adanya perasaan senang, bersyukur dan bangga, karena bisa menjadi bagian dari guru hebat yang akan melakukan transformasi pendidikan. Selain itu saya memiliki semangat yang kuat untuk selalu berinovasi untuk mewujudkan kepemimpinan pada murid dalam belajar.

6.    Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Yang bisa saya lakukan untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak adalah dengan menambah pengetahuan melalui literasi digital, meningkatkan komitmen yang kuat untuk berinovasi, berkarya, dan bergerak serta menggerakkan komunitas agar termotivasi untuk mengembangkan dirinya. Aktif melakukan perubahan-perubahan dalam berinovasi dan berani mengambil resiko, membangun ruang kolaborasi dengan teman-teman guru/ rekan sejawat yang lain, memperbanyak berdikusi dan merefleksi diri agar kita mampu berinovasi, memperbanyak belajar membangun kemampuan sehingga mampu merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan diri, memotivasi diri dan melakukan evaluasi.

7.    Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Yang menjadi faktor penghambat bagi saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak adalah kurangnya dukungan dan respon positif dari kepala sekolah maupun dari guru serta dukungan dari orang tua murid untuk mewujudkan konsep Merdeka Belajar. Karena dengan dukungannya dalam merespon setiap gagasan gagasan yang baik demi kemajuan sekolah, maka program guru penggerak akan terlaksana dengan baik pula. Selain itu, masih belum memadainya sarana dan prasarana sekolah yang dapat menunjang proses pembelajaran yang berkualitas dalam mewujudkan program-program yang telah direncanakan.

Tidak ada komentar: