PRAKARSA PERUBAHAN |
MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA MURID |
|
TAHAPAN |
PERTANYAAN |
DAFTAR TINDAKAN YANG
PERLU DILAKUKAN UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN |
B-uat pertanyaan
(Define) |
1.
Bagaimana suasana pembelajaran di dalam kelas? 2.
Apa yang menyebabkan murid kurang termotivasi mengikuti
pembelajaran? 3.
Bagaimana menjalin interaksi belajar antar murid dan dengan
guru? |
1.
Menganalisis suasana proses pembelajaran. 2.
Mengidentifikasi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa. 3.
Menerapkan metode-metode pembelajaran yang dapat melibatkan
murid aktif dalam berinteraksi dengan murid lain dan guru. |
A-mbil pelajaran
(Discover) |
1.
Bagaimana peran guru dalam mengefektifkan proses
pembelajaran? 2.
Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di
dalam dan di luar kelas? 3.
Seperti apa dukungan yang diberikan kepala sekolah dan guru
terhadap proses pembelajaran? |
1.
Berkolaborasi dengan rekan guru terkait pengembangan
pembelajaran di sekolah. 2.
Menyiapkan media-media pembelajaran yang variatif untuk
digunakan di dalam dan di luar kelas. 3.
Kepala sekolah melakukan supervisi terhadap proses
pembelajaran dan umpan balik dari rekan guru. |
G-ali mimpi (Dream) |
1.
Langkah apa yang dapat ditempuh untuk meningkatkan motivasi
belajar murid? 2.
Bagaimana bentuk bimbingan yang diberikan apabila terdapat
murid yang belum merespon dengan baik tindakan yang diberikan? |
1.
Membantu para murid untuk mandiri dalam belajar. 2.
Mendorong motivasi murid untuk belajar. 3.
Menanamkan nilai-nilai karakter murid di sekolah. |
J-abarkan rencana
(Design) |
1.
Seperti apa perencanaan pembelajaran yang akan diterapkan? 2.
Siapa saja yang dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid? 3.
Hal positif apa yang bisa diambil dari kegiatan
pembelajaran yang berpusat pada murid? |
1.
Merancang aktifitas-aktifitas belajar berpusat pada murid yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik-karakteristik
murid serta menerapkan pembelajaran kooperatif/kelompok. 2.
Melibatkan kepala sekolah sebagai supervisor, meminta umpan
balik dari guru lain, berkolaborasi dengan Pengawas dalam hal pembinaan. 3.
Murid dapat berpartisipasi secara aktif, memiliki daya kritis,
mampu menganalisa dan memecahkan masalahnya sendiri. |
A-tur eksekusi
(Deliver) |
1.
Siapa yang akan memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan
pembelajaran yang berpusat pada murid? 2.
Apa indikator keberhasilan dari kegiatan pembelajaran yang
berpusat pada murid? |
1.
Yang akan memonitor dan mengevaluasi kegiatan tersebut
adalah Dinas Pendidikan setempat, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, rekan
guru, Komite sekolah, Orang tua murid, dan CGP itu sendiri. 2.
Murid memiliki kepribadian yang berkarakter, aktif, kreatif,
dan berprestasi, Suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan terciptanya
kolaborasi yang kuat dengan pemangku kepentingan. |
PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA GURU |
PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA MURID |
Murid
sebagai objek Belajar |
Murid
sebagai subjek belajar |
Guru Sebagai sumber ilmu utama |
Guru sebagai fasilitator dan mitra pembelajaran |
Siswa
diberi materi pelajaran |
Siswa
bertanggungjawab atas pembelajarannya |
Murid kurang mampu mengapresiasi ilmu pengetahuan, takut berpendapat,
tidak berani mencoba dan miskin kreativitas |
Siswa berpartisipasi secara aktif, memiliki daya kritis, mampu
menganalisa dan dapat memecahkan masalahnya sendiri. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar