Senin, 27 September 2021

1.3.a.7.1. Demonstrasi Kontekstual - Menerapkan Inkuiri Apresiatif_Risdani

 

PRAKARSA

PERUBAHAN

MEWUJUDKAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA MURID

TAHAPAN

PERTANYAAN

DAFTAR TINDAKAN YANG PERLU DILAKUKAN UNTUK MENJAWAB PERTANYAAN

B-uat pertanyaan (Define)

1.       Bagaimana suasana pembelajaran di dalam kelas?

2.       Apa yang menyebabkan murid kurang termotivasi mengikuti pembelajaran?

3.      Bagaimana menjalin interaksi belajar antar murid dan dengan guru?

 

1.  Menganalisis suasana proses pembelajaran.

2.  Mengidentifikasi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa.

3. Menerapkan metode-metode pembelajaran yang dapat melibatkan murid aktif dalam berinteraksi dengan murid lain dan guru.

 

A-mbil pelajaran (Discover)

1.       Bagaimana peran guru dalam mengefektifkan proses pembelajaran?

2.       Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran di dalam dan di luar kelas?

3.      Seperti apa dukungan yang diberikan kepala sekolah dan guru terhadap proses pembelajaran?

 

1.  Berkolaborasi dengan rekan guru terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

2.  Menyiapkan media-media pembelajaran yang variatif untuk digunakan di dalam dan di luar kelas.

3. Kepala sekolah melakukan supervisi terhadap proses pembelajaran dan umpan balik dari rekan guru.

 

G-ali mimpi (Dream)

1.   Langkah apa yang dapat ditempuh untuk meningkatkan motivasi belajar murid?

2.  Bagaimana bentuk bimbingan yang diberikan apabila terdapat murid yang belum merespon dengan baik tindakan yang diberikan?

 

 

 

1.  Membantu para murid untuk mandiri dalam belajar.

2.  Mendorong motivasi murid untuk belajar.

3. Menanamkan nilai-nilai karakter murid di sekolah.

J-abarkan rencana (Design)

1.   Seperti apa perencanaan pembelajaran yang akan diterapkan?

2.  Siapa saja yang dilibatkan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid?

3.  Hal positif apa yang bisa diambil dari kegiatan pembelajaran yang berpusat pada murid?

 

1.   Merancang aktifitas-aktifitas belajar berpusat pada murid yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik-karakteristik murid serta menerapkan pembelajaran kooperatif/kelompok.

2.  Melibatkan kepala sekolah sebagai supervisor, meminta umpan balik dari guru lain, berkolaborasi dengan Pengawas dalam hal pembinaan.

3.  Murid dapat berpartisipasi secara aktif, memiliki daya kritis, mampu menganalisa dan memecahkan masalahnya sendiri.

 

A-tur eksekusi (Deliver)

1.   Siapa yang akan memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada murid?

2.  Apa indikator keberhasilan dari kegiatan pembelajaran yang berpusat pada murid?

 

1.  Yang akan memonitor dan mengevaluasi kegiatan tersebut adalah Dinas Pendidikan setempat, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, rekan guru, Komite sekolah, Orang tua murid, dan CGP itu sendiri.

2.  Murid memiliki kepribadian yang berkarakter, aktif, kreatif, dan berprestasi, Suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan terciptanya kolaborasi yang kuat dengan pemangku kepentingan.

 


PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA GURU

PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA MURID

Murid sebagai objek Belajar

Murid sebagai subjek belajar

Guru Sebagai sumber ilmu utama

Guru sebagai fasilitator dan mitra pembelajaran

Siswa diberi materi pelajaran

 

Siswa bertanggungjawab atas pembelajarannya

Murid kurang mampu mengapresiasi ilmu pengetahuan, takut berpendapat, tidak berani mencoba dan miskin kreativitas

Siswa berpartisipasi secara aktif, memiliki daya kritis, mampu menganalisa dan dapat memecahkan masalahnya sendiri.


Tidak ada komentar: